Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Bisa Beli Pulsa Pakai Shopee Paylater? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Tidak Bisa Beli Pulsa Pakai Shopee Paylater? Ini Penyebab & Cara Mengatasi
Kenapa Tidak Bisa Beli Pulsa Pakai Shopee Paylater - Shopee Paylater merupakan sebuah pinjaman uang online di aplikasi Shopee. Dengan fitur ini pengguna bisa bebas berbelanja apapun dan bayarnya bisa dicicil mulai bayar nanti, cicilan 3 bulan, 6 bulan bahkan 12 bulan.

Shopee Paylater tidak hanya bisa digunakan untuk membeli barang-barang saja, tetapi juga bisa digunakan untuk membeli pulsa. Dan mungkin sudah banyak orang yang membeli pulsa menggunakan metode pembayaran Shopee Paylater.

Beli pulsa menggunakan metode pembayaran Shopee Paylater ini bisa dijadikan salah satu alternatif ketika Anda tidak memiliki uang untuk membeli, atau ketika saldo rekening maupun e-wallet sedang keadaan tidak mencukupi.

Meskipun sangat dimudahkan tetapi terkadang ada kendala yang menyebabkan tidak bisa membeli pulsa pakai Shopee Paylater, tentu sangat menjengkelkan sekali, padahal limit masih tersedia. Biasanya kendala yang sering terjadi "Transaksi tidak dapat diproses".

Selain itu biasanya pilihan Shopee PayLater tidak muncul dalam daftar metode pembayaran. Nah, jika Anda sedang mengalami kendala tersebut silahkan simak penjelasan dibawah ini:

Penyebab Shopee Paylater Tidak Bisa Beli Pulsa

Ternyata ada beberapa faktor yang menjadi penyebab Shopee Paylater tidak bisa digunakan untuk membeli pulsa. Adapun beberapa faktor tersebut sebagai berikut ini:

1. Nomor HP yang Dimasukkan Salah

Penyebab pertama dikarenakan nomor HP yang Anda dimasukkan salah. Jika ini sampai terjadi maka secara otomatis pulsa tidak akan masuk, meskipun jika di lihat di keterangan sudah berhasil tetapi masalah seperti ini biasanya pihak Shopee tidak akan bertanggung jawab.

Kejadian seperti ini memang kesalahan dari pengguna sendiri yang lalai dalam memasukkan nomor HP. Maka dari itu sebelum membeli pulsa sebaiknya pastikan nomor HP sudah benar dan di cek ulang.

2. Pin Shopee Pay Salah

Kedua disebabkan karena salah memasukkan kode pin ShopeePay. Pada umumnya setiap melakukan transaksi menggunakan metode pembayaran Shopee Paylater pasti akan diminta memasukkan Pin ShopeePay. Jika pin yang Anda masukkan salah maka pembelian tidak bisa di proses.

3. Limit Tidak Cukup

Penyebab ketiga beli pulsa bayar dengan Shopee Paylater tidak dapat diproses karena limit tidak mencukupi. Pada umumnya ditandai pilihan metode pembayaran Shopee Paylater tetapi tidak dapat dipilih. Oleh sebab itu sebelum membeli pulsa pastikan limit yang tersedia masih cukup.

4. Aplikasi Shopee Sedang Gangguan

Shopee PayLater tidak dapat digunakan beli pulsa juga dikarenakan sistem aplikasi Shopee sedang gangguan. Gangguan server ini memang sering terjadi dan tidak hanya 1-2 jam saja, bahkan juga bisa lebih dari waktu tersebut.

5. File cache aplikasi Shopee menumpuk

Penyebab kenapa Shopee PayLater tidak bisa digunakan untuk beli pulsa kemungkinan besar dari file cache aplikasi Shopee yang sudah menumpuk, jadi saking banyaknya cache membuat aplikasi bug dan bisa menghambat transaksi pakai Shopee Paylater.

Cara Mengatasi Shopee PayLater Tidak Bisa Beli Pulsa

Jika Anda sudah tahu penyebab Shopee Paylater tidak bisa digunakan untuk membeli pulsa maka tahap selanjutnya harus mengetahui juga solusi dan cara mengatasinya. Silahkan simak tutorialnya dibawah ini:

1. Reset PIN ShopeePay

Jika memang tidak bisa membeli pulsa karena pin Shopee Pay yang salah maka cara satu satunya yaitu dengan mereset pin Shopee Pay tersebut. Untuk caranya silahkan simak dibawah ini:
  • Buka aplikasi "Shopee".
  • Pilih menu "ShopeePay".
  • Kemudian masuk ke "Pengaturan".
  • Silakan ganti "PIN ShopeePay".
  • Klik "Konfirmasi" untuk menerima kode OTP.
  • Setelah dapat "kode OTP", masukkan kode tersebut.
  • Silahkan masukkan "PIN ShopeePay baru".
  • Selesai, maka Anda bisa beli pulsa kembali

2. Bayar Tagihan ShopeePay Later

Jika penyebabnya karena limit yang tidak mencukupi maka silahkan bayar tagihan Shopee Paylater Anda dahulu, jika sudah di bayar maka secara otomatis limit yang Anda miliki akan semakin bertambah, dan silahkan ulangi melakukan pembelian pulsa lagi.

3. Hapus Cache Aplikasi Shopee

Cache yang menumpuk pada aplikasi Shopee juga bisa menyebabkan perangkat lemot ketika dibuka, bahkan bisa membuat transaksi gagal. Bersihkan cache secara rutin, untuk caranya silahkan simak berikut ini:
  • Buka menu "pengaturan" di ponsel
  • Klik pada menu "Aplikasi"
  • Pilih "Kelola Aplikasi"
  • Cari aplikasi "Shopee".
  • Kemudian pilih "hapus data" > "bersihkan Cache"
  • Selesai

4. Tunggu Maintenance Berakhir

Berbeda lagi jika penyebabnya karena dari sistem Shopee yang sedang mengalami gangguan, maka cara satu satunya adalah tunggu sampai maintenance berakhir. Pada umumnya proses maintenance membutuhkan waktu sekitar 1x24 jam atau bahkan bisa lebih.

5. Hubungi customer service Shopee

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan tetapi masih gagal juga silahkan hubungi call center atau customer service resmi pihak Shopee yang siap melayani Anda 24 jam. Untuk caranya sendiri bisa melalui panggilan telepon di nomor 1500702 atau juga bisa melalui email di help@support.shopee.com.

Akhir kata

Demikian tutorial dari teknonesia.net mengenai penyebab tidak bisa membeli pulsa pakai metode pembayaran Shopee Payleter. Bagi Anda pengguna Shopee Paylater yang sedang mengalami masalah seperti di atas silahkan lakukan cara seperti yang sudah kami jelaskan. Terimakasih semoga bermanfaat.